Rabu

Memoar Lama yang Masih Diingat

Rabu, 4 Februari 2009
Seminggu ini aq dapet tugas penting buat antar jemput adik q yang paling kecil sebut saja namanya Linda. Dia duduk di kelas 3 SD yang terletak dekat perbatasan Solo-Sukoharjo . Tiap pagi jam 07.00 aq harus siap dengan motor q yang bernama Supra yang lahir di Jakarta bulan juli tahun 1999 itu. Bem…bem…bem…., suara motor q yang protes minta untuk diservice tapi ditanggapi dingin oleh pemiliknya ketika dipanaskan, “tolong juragan…servisin hamba , sisihkan sedikit uang juragan untuk membuat hamba lebih baik dan hamba berjanji akan setia melayani juragan serta tidak akan pernah rewel selamanya dijalan…” gumam suara motorku yang aq terjemahkan dengan lewat ‘ Trans Tool’, lalu aq menjawab dengan ketus “ heh..!!, ngapain juga aq ngurusin kamu, orang aq sengaja biar kamu cepet rusak sehingga aq dapat tunggangan baru yang lebih baik dari kamu koq…!!!”, motor q pun menjawab “Hah…!!! Bukan kah hamba sudah melayani juragan kemanapun setiap juragan pergi dan hamba tidak pernah rewel di jalan??”, aq menjawab dengan santai,”Iya sih, tapi model mu tuh sudah kuno, ketinggalan jaman , katrok, gak bisa ngebut lagi…, dah tua sih…” motor q pun bersedih dan meraung2 “bemm….bemmm…bemmmmm..…” tanda menangis .

Kembali ke PC ah….

Tiap hari aq harus melewati perbatasan Solo-Sukoharjo yang dibatasi oleh gapura berwarna krem muda . Walaupaun tidak ada penjagaan ketat seperti perbatasan dijalur gaza, aq harus melewati beberapa ganjalan berat seperti : kehabisan bensin, ban gembos/bocor, kecipratan air dari genangan disisi jalan, sampai harus makan 3 X sehari (Ya iyalah…!!!) .
Saat yang paling membosankan adalah ketika aq harus menunggu adek q yang menunggu bell tanda sekolah berakhir berbunyi. Di situ aq sambil ngalamun mengingat kejadian2 waktu masih duduk di bangku SD doeloe. Yang paling berkesan adalah waktu pindah dari Jakarta ke Solo saat naik kelas 5 SD. Waktu pertama kali masuk ke sekolah baru yang cukup terkenal di daerah q waktu itu, aq cukup heran dengan sekolah disini yang tempat duduknya berhimpit2an. Waktu itu satu bangku diisi oleh 4 siswa, dan 1 kelas bisa mencapai 5 lusin siswa !. Huhh… gila bener nih sekolah disini, masak kelas bisa sampe kayak pasar gini, ramenya minta ampunn… Padahal waktu masih sekolah di Jakarta dulu 1 bangku diisi 1 orang n 1 kelas cuma berisi 25 siswa, itupun masih ada kelas A dan B. Seragamnya pun agak berbeda, ketika pertama kali masuk, aq mengenakan topi merah-putih, berdasi dan mengancingkan kanjing baju paling atas (keliatan culun). Ternyata SD di Solo ini topinya merah sempurna, tidak memakai dasi serta kancing baju paling atas tidak di kaitkan, alhasil waktu upacara pertama aq menjadi pusat perhatian seluruh warga sekolah. Perbedaan mencolok lainya ialah sekolah q nggak bertingkat seperti sekolah q yang dulu bisa mencapai 4 lantai , sehingga aq nggak bisa terjun bebas lagi dari lantai atas deh…(Hah…??).

Waktu pertama kali masuk kelas aq disuruh memperkenalkan diri didepan kelas yang sangat ramai itu. “Perkenalkan, nama saya Enrico, saya pindahan dari Jakarta”, siswa2 langsung saling tanya2, mungkin heran dengan nama q yang keren ini…heheheh…(Sok PD). Awalnya aq ragu bisa langsung di terima sebagai teman oleh mereka,tapi ternyata mereka sangat welcome terhadap q. Mereka bertanya banyak sama aq, dari hal yang penting sampai yang gak penting banget , seperti : “Eh, di Jakarta gedungnya tinggi2 ya??”,”Kamu pernah tidur di hotel??”,” Di Solo makanannya enak2 lho, dah nyobain lum???, dan masih banyak lagi sampai aq gak sempat tanya2 sama mereka. Walaupun bahasa disini beda sama di Jakarta ,aq tidak asing lagi dengan bahasa mereka coz ortu q emang 22nya dari Jateng semua n sering pake bahasa jawa dirumah, tapi aq masih ‘wagu’ kalo ngomong pake bahasa jawa n biasanya rada tell me kalo make bahasa itu. Selain aq ada anak baru lainya ,tapi sebenarnya dia udah pernah sekolah disitu sebelumnya, cuma minggat setahun saja dari sana. Sebut saja namanya Leysus , karena sama2 anak baru n juga sama2 pindahan dari Jakarta, aq pun sering ngobrol sama dia.

Suatu waktu, sehabis jam pelajaran olahraga aq n leysus nongkrong didepan kelas yang bersebelahan dengan ruang UKS setelah berganti baju. Saat sedang asik2 nongkrong mengawasi situasi diluar kelas, tiba2 si Leysus nyeletuk, “ eh, En…(panggilan q-yang tidak familiar buat q-waktu itu), coba deh buka pintu UKS itu” ,sembari nunjuk2 pintu disebelah pintu kelas 5,”emang ada apaan sih???” jawab q penasaran, “ ya coba aja buka, kamu belum pernah liat dalemnya kan??”,timpal leysus.Aq yang masih fahfoh pun mengangguk tanda setuju dan memang aq belum pernah lihat isi UKS tersebut. “lw yakin ,sus??” , aq agak ragu, “ udah nggak apa apa, buka aja”, balas Leysus.Dengan rasa penasaran dan agak takut2 dikit aq membuka pintu itu pelan2

Pintu: kreekkk…..(berdecit tanda engselnya kurang minyak)

Suara yang tidak dikenal tetapi sangat familiar di telinga :
Kyaaaa……..!!!!!!

Aq : heh????

Setelah sepersekian detik pintu q buka, aq baru tersadar bahwa disitu para cewek lagi ganti baju di euang itu….!!!!,

Sebagian para siswi sudah ada yang pakai baju, sebagian masih pakai kutang dan sebagian lagi masih…..

Parno lah…..

Emang udah tradisi turun-tem
urun disitu jadi tempat kamar ganti cewek kalo abis jam pelajaran olahraga.

Aq: ah…eh…, sory 3X , aq tadi di suruh sama leysus, sory aq gak tahu ,swear….

Para Cewek: tutup pintunyaaa….!!!!(sambil menjerit)

Aq: (membanting pintu dengan keras) Braakkkk….!!!

Aq langsung protes sama leysus, “ Wah gila, lw njebak gw….,sialan lw!!!”(dengan nada agak tinggi),lalu leysus menjawab,”Salahnya disuruh mau2 aja…..hahahaha…..”, tawanya seperti orang gila yang terbebas dari rumah sakit jiwa.”tapi lw suka kan…???”, dia menambahkan, “Gila lw, makan temen sendiri…!!!!”, jawab aq yang masih malu setengah mati.

Urusan gak selesai sampai disitu aja, aq pun sukses membuat sebagian anak cewek yang nggak terima nangis sejadi-jadinya dan sebagian ada yang melaporkan ke guru wali kelas, alhasil aq diceramahi selama beberapa menit dan disuruh minta maaf ke cewek2 yang tadi secara tidak sengaja aq intip secara terbuka. Huff…. Gila, baru pertama masuk langsung disesatin sama temen sendiri, gila…!!!. Tapi, becoz aq gak pendendam, baek hati, arif dan bijaksana, aq masih berteman baek sama si Leysus. Sejak kejadian yang menggegerkan sekolah itu, tradisi cewek ganti baju diruang UKS yang telah turun temurun selama bertahun-tahun itu pun hilang.
Kejadian lainya yang gak kalah malu2in pas aq nuduh abis2an temen q yang aq sangka nyuri uang sangu q, uang sebesar 1500 itu hilang saat aq akan jajan dikantin. Kebetulan sebelumnya aq tabrakan sama temen q sebut saja namanya Gemilang. Gemilang yang memang terkenal suka jahil itu dituduh mencuri uang 1500 q, temen2 yang percaya sama aq pun ikut membantu q mengadili terdakwa. Setelah berunding alot beradu argumen sepanjang istirahat pertama , aq dan teman2 gagal merebut uang q yang diduga dicuri oleh Gemilang. Dengan kebaikan hati teman2 q yang peduli sama aq, aq pun di jajanin sama temen2 q yang baek hati tersebut. Sampai pada akhirnya ketika aq pulang kerumah dan mama q langsung ngomong,”Ko, sangumu tadi ketinggalan dikeset tuh, tadi kamu nggak jajan y?”, “Heh…???”, aq terdiam untuk beberapa saat,dan akhirnya menyadari ketololan q sendiri. Ternyata semenjak aq berangkat sekolah, aq tidak membawa uang sepeserpun ke sekolah, uang tersebut tertinggal di keset depan rumah saat aq memakai sepatu.

Hehehe….

maapin aq ya Lang….
heummm….
Ada lagi neh, pas aq mengikuti pelajaran matematika pertama q disekolah baru q, waktu itu temen2 ngajak bercanda dengan permainan ‘pegang ketek’, aq yang terus menerus diganggu dengan gurauan mereka dengan memegang+menggelitik ketek q waktu aq memngerjakan soal membuat q pengen ikut2an, dengan semangat 45 aq pun terus mencari celah untuk menggelitik ketek temen q dengan suara cukup gaduh dimeja itu aq jadi melupakan soal matematika q, alhasil aq dapat nilai jelek dan sempat menjadi perhatian pak guru yang berkumis tebal itu dan seakan-akan mengatakan sesuatu yang artinya,”Ni anak baru , dateng2 langsung bikin tambah rame kelas q aja, kenapa anak tolol kayak gini bisa nyasar masuk sini y???”, padahal aq terkenal pendiam sejak di TK dahoeloe lho….
Bersambung……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Solo-Semarang, Jawa Tengah, Indonesia